Selasa, 12 Januari 2010

Hasil Test Config IPv6 on Windows XP

Hasil Test Toeri dari Konfig IPv6 di Windows XP di Posting sebelumnya.


Sebelumnya mo gambarin dulu situasi ngetestnya, Testnya cuman dilakuin di Lab Kecil. gambar kasarannya dibawah nih.


Windows XP jalan jadi IPv6 Host ternyata tdk bisa, walaupun kita bisa konfig DNS server utk IPv6 secara manual. Walaupun DNS servernya sudah di konfig, Windows XP tetep gak bisa buka Website dari IPv6.

Test kemudian dilanjutkan ke Dual Stack, Windows XP sebagai Dual Stack Host. Sebagai Dual Stack host XP skr bisa mendapat semua Konfigurasi dari IPv4 dari DHCP server, termasuk alamat DNS Server. Perlu ditekankan lagi, DNS Server yg diterima XP skr hanya dari IPv4. dan DNS Server tsb bisa resolve Website utk IPv4 dan IPv6. Hasil Test yg ini XP bisa jalan dengan baik, XP bisa buka Website IPv4 dan IPv6 hanya dg DNS Server dari IPv4.

Perlu ditekankan lagi, bahwa Test yg dilakuin ini hanya melalu Interface "Local Area Connection", paling mudahnya itu Interface utk Kabel dan Host berada dibelakang Router. masih ada beberapa Interface lagi yg ada di Windows, spt Teredo Tunneling, Automatic Tunneling, dsb. Bisa di cek di c:\netsh interface ipv6 show address.

Jadi hasil test kita mengatakan, XP hanya bisa melakukan DNS lookup lewat IPv4. Artinya XP hanya jalan kalo jadi Dual Stack Host utk join di Jaringan IPv6.

Kalo ada salahnya mohon saya diingatkan, sekalian sharing2 ilmu yg laen.

walo sedikit tapi semoga bisa membantu....











Tidak ada komentar:

Posting Komentar