Minggu, 20 Desember 2009

Perkembangan IPv6 di Indonesia

Count down menuju tahun baru 2010 terus berjalan, begitu jg dg count down menuju habisnya IPv4. Bagaimana persiapan Indonesia utk menerima kenyataan ini dan menyambut IPv6 ?

Tidak banyak yg saya tahu info tentang bagaimana perkembangan IPv6 di Indonesia, tapi sedikit info tsb ingin saya share jg..:-D.

Beberapa negara tetangga seperti China, Australia, Singapura, Hongkong, Malaysia, Papua Nugini dan Thailand sudah mengimplementasi Teknologi ini. Indonesia melalui APJII jg tidak mau ketinggalan, APJII menawarkan kerjasama Riset implementasi IPv6 di Indonesia kepada semua Perguruan Tinggi. Info lebih lanjut bisa di cek disini.

Info2 utk IPv6 di indonesia mengenai Training, Workshop, Program Kerja, dll jg bisa kita baca di website dari ID-IPv6TF. Website2 seperti ini yg sangat di perlukan bagi student2 ato orang2 yg ingin ikut dalam pengembangan pengimplementasian IPv6 di Indonesia. Di website tsb ada jg presentasi dari pengalaman implementasi IPv6 utk website Detik.com.

sixxs.net adalah salah satu Tunnel Broker utk IPv6, kalo kita liat disini ternyata sudah beberapa perusahaan telekom di indonesia sudah mencoba join di jaringan IPv6.

mau ndak mau, suka ndak suka IPv4 akan habis dan IPv6 akan dipakai, jadi coba selalu up date info tentang IPv6 biar ndak ketinggalan ma yg laen..:-D

semoga sedikit info ini bisa membantu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar